Home Pengembangan Diri Tips Menghentikan Kebiasaan Menunda

Tips Menghentikan Kebiasaan Menunda

by Gita Ramadhani
kebiasaan menunda

Apakah kamu adalah orang yang biasa menunda untuk mengerjakan sesuatu? Kebiasaan menunda untuk melakukan pekerjaan yang kecil atau besar sehingga membuat pekerjaan kamu menjadi menumpuk. Apakah kamu adalah orang yang juga terbiasa mengerjakan pekerjaan dengan SKS atau sistem kebut semalam?

Kebiasaan menunda akan membuat seseorang menjadi tidak berkembang karena banyaknya tugas atau pekerjaan yang tidak diselesaikan dengan maksimal. Memang tidak mudah untuk mengubah suatu kebiasaan apabila hal tersebut telah lama kita lakukan. Namun ada baiknya kita mencoba untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut daripada tidak mengeubahnya sama sekali. Berikut ini 4 tips yang bisa kamu terapkan untuk menghentikan kebiasaan menunda

Mencari Tahu Sebab Menunda Sesuatu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu terlebih dahulu sebab kamu menunda pekerjaan. Apakah karena malas, menganggap remeh suatau pekerjaan atau kamu adalah orang yang perfeksionis? Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang menunda pekerjaan. Dengan mencari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan kamu menunda pekerjaan, maka kamu dapat mengevaluasi diri kamu serta mengatasi penyebab utama kamu menunda sesuatu. Misalnya alasan utama kamu menunda untuk menyelesaikan suatu pekerjaan adaah sering menyepelekan suatu pekerjaan karena menganggap pekerjaan tersebut mudah untuk diselesikan. Maka kamu perlu merubah pola pikir bahwa sekecil apa pun pekerjaan yang kamu miliki, pekerjaan tersebut tidak akan pernah selesai tanpa kamu mengerjakan tugas tersebut. Menunda mengerjakan suatu pekerjaan hanya akan membuat pekerjaan menjadi menumpuk dengan pekerjaan baru yang akan datang.

Segera Lakukan

Tidak ada sesuatu hal yang lebih penting untuk menghentikan kebiasaan menunda adalah dengan segera mengerjakan tugas tersebut. Tanpa harus berpikir panjang, maka mulailah segera melakukan atau menyelesaikan tugas tersebut. Karena bisa jadi rasa malas anda akan menghilang seiring dengan fokusnya anda melakukan pekerjaan, atau mungkin juga pekerjaan yang tadinya anda pikir berat, namun ketika dikerjakan akan terasa lebih mudah.

Fokus Pada Satu Pekerjaan Terlebih Dahulu

Banyak pekerjaan yang harus anda selesaikan setiap harinya seringkali membuat anda tidak fokus, sehingga memilih untuk menunda pekerjaan tersebut. Diri kita juga memiliki batasan untuk dapat menyelesaikan semua pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Mulailah dengan fokus pada pekerjaan yang menjadi prioritas terlebih dahulu. Apabila satu pekerjaan telah selesai, anda dapat melanjutkan menyelesaikan pekerjaan yang lain.

Hentikan Aktivitas di Media Sosial untuk Sementara Waktu

Aktivitas di media sosial yang anda lakukan bisa menjadi “pencuri waktu” bagi anda untuk menyelesaikan tugas-tugas yang sudah menanti. Sehinga seringkali anda akan menunda pekerjaan dikarenakan terlalu asik untuk melihat media sosial. Ada baiknya anda harus menerapkan disiplin bagi diri anda sendiri dengan membatasi aktivitas di media sosial selama anda sedang mengerjakan pekerjaan.

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!