Home Anime Daftar Soundtrack Anime 2010-2019 yang Dinyanyikan LiSA

Daftar Soundtrack Anime 2010-2019 yang Dinyanyikan LiSA

by U27
LiSA

Selain menampilkan cerita dan gambar yang menarik, film anime juga menyuguhkan Original Soundtrack (Ost) yang tak kalah indah dan enak didengar, baik yang opening maupun endingnya. Tak sedikit soundtrack anime sering dinyanyikan, disimpan dan dihapal oleh para penggemar anime.

Banyak Band atau pun penyanyi asal Jepang sering mengisi soundtrack-soundtrack anime dan menjadi hits baik di negara asal maupun di negara lain. Satu diantara penyanyi yang sering mengisi soundtrack anime yakni LiSA.

Penyanyi pop-rock Jepang yang bernama asli Risa Oribe ini dikenal karena karyanya sebagai vokalis generasi kedua band Girls Dead Monster, yang populer lewat anime Angel Beats pada tahun 2010. Sebelumnya pada tahun 2008 dia membentuk band Love is Same All dengan anggota dari band indie lain. Dia kemudian mengadopsi nama panggung LiSA yang merupakan versi gaya nama depannya (Risa) dan juga merupakan akronim dari nama band-nya itu.

Tidak diragukan lagi, LiSA merupakan salah satu penyanyi anisong (Anime Song) favorit hingga saat ini. untuk mengetahui lebih jauh lagu dan anime apa saja yang pernah diisi oleh LiSA dari tahun 2010 hingga 2019. Yuk cek deretan dibawah ini.

1. Angel Beats!

Anime yang menceritakan tentang dunia setelah kematian ini, menjadi awal LiSA mengisi soundtrack anime. Tidak hanya mengisi soundtrack untuk opening saja, akan tetapi juga mengisi insert song di anime itu, yang akhirnya membuat namanya mulai melambung.

Di Anime yang tayang pada Spring 2010 ini, LiSA menjadi vokalis generasi kedua band Girls Dead Monster. Grup band ini didasarkan pada grup fiksi empat gadis dengan nama yang sama dalam anime Angel Beats! Tak tanggung-tanggung, di anime buatan studio P.A. Works ini, LiSA menyanyikan 4 lagu. 1 untuk opening, 2 untuk insert song dan 1 untuk ending.

Meski Opening Angel Beats yang berjudul “My Soul, Your Beats” dibawakan oleh LIA, akan tetapi khusus episode 4, lagu ini dinyanyikan oleh LiSA dengan grup band-nya Girls Dead Monster. Nuansa Pop-Rock terasa jelas ketika lagu ini dinyanyikan oleh wanita kelahiran 24 Juni 1987 ini.

Setelah itu, di anime ini LiSA menyanyikan 2 lagu insert song. Lagu insert song pertamanya berada di episode 5, dengan lagu berjudul “Thousand Enemies” dan yang kedua berada di episode 10 dengan lagu “Shine Days“.

Lalu lagu yang ke empat, LiSA menyanyikan lagunya di bagian ending untuk episode 10. Tidak seperti opening, yang mana LiSA mengaransemen ulang lagu “My Soul, Your Beats” yang dibawakan oleh LIA, khusus episode ini, LiSA membawakan lagu yang berbeda dengan ending epiosode-episode lain. Di episode 10 ini ending-nya berjudul “Ichiban no Takaramono”, sedangkan episode-episode lain endingnya berjudul “Brave Song” yang dibawakan oleh Aoi Tada.

2. Fate/Zero

Setelah mengisi soundtrack di Angel Beats. LiSA lalu dipercaya menjadi penyanyi untuk Opening Theme anime Fate/Zero, anime yang tayang pada musim gugur 2011 lalu. Di anime yang bercerita tentang perang Holy Grail ini, LiSA menggunakan lagu “Oath Sign” yang mana lagu ini juga mencapai posisi ke-5 di tangga album Oricon.

3. Sword Art Online

Di musim panas 2012, LiSA kembali dipercaya mengisi soundtrack anime. Kali ini”Crossing Field” digunakan sebagai lagu opening pertama untuk anime Sword Art Online yang bergenre game fantasi. Di minggu pertama perilisannya, lagu ini masuk 10 besar di semuar tangga lagu jepang, yakni posisi ke-5 di chart mingguan single Oricon, posisi ke-10 di chart Billboard Japan Hot 100, posisi ke-4 di chart Billboard Japan Hot Singles Sales, dan posisi ke-2 di chart Billboard Japan Hot Animation.

4. Day Break Illusion

Di musim panas tahun selanjutnya, single keempat berjudul “träumerei” yang dirilis oleh LiSA digunakan sebagai lagu tema pembuka untuk anime Genei wo Kakeru Taiyou atau Day Break Illusion. Meski anime yang bercerita tentang sekelompok gadis penyihir yang kekuatan dan kepribadiannya didasarkan pada arcana utama tidak begitu booming dan mendapat rating rendah, namun lagunya ini tetap hits tidak terpengaruh dengan anime-nya, karena bisa masuk 15 besar Chart Album Oricon pada Agustus 2013.

5. Mahouka Koukou no Rettousei

Di tahun 2014, tepatnya pada musim semi, anime Mahouka Koukou no Rettousei yang bergenre sihir sains fiksi menggunakan jasa LiSA untuk mengisi lagu pembuka. Lagu berjudul “Rising Hope” yang merupakan single kelima LiSA yang dipilih untuk soundtracknya. Lagu yang dirilis pada Mei 2014 ini berhasil meraih peringkat ke-4 pada minggu kedua setelah perilisannya.

6. Mekakucity Actors

Seri anime adaptasi dari novel ringan dan manga berjudul “Kagerou Days” yang terinspirasi dari serangkaian lagu Kagerou Project hasil karya Jin (Shizennoteki-P) juga menjadi bagian soundtrack yang pernah dinyanyikan oleh LiSA. Di anime yang rilis pada musim semi 2014 ini LiSA hanya menyanyikan lagu di episode 6 yakni untuk opening dan ending. Kedua lagu tersebut adalah lagu dari Jin, yang mana LiSA dikreditkan sebagai “feat“. Untuk opening berjudul “Headphone Actor” dan ending berjudul “Yuukei Yesterday“.

7. Sword Art Online II

Masih di tahun 2014, namun kali ini pada musim panasnya, LiSA kembali dipercaya untuk mengisi soundtrack anime. Ternyata anime ini merupakan season kedua dari anime yang pernah LiSA isi soundtrack opening-nya, anime ini yakni Sword Art Online. Di season kedua anime ini, yang menceritakan setahun setelah kejadian tak bisa logout dari dunia game, LiSA mengisi dua soundtrack untuk ending, yakni untuk ending ke-3 berjudul “No More Time Machine” dan untuk ending ke-4 berjudul “Shirushi“.

8. Fate/Stay Night: Unlimited Blade Works

Tahun 2014 sepertinya menjadi tahun LiSA, pasalnya setelah mengisi soundtrack untuk dua anime musim semi dan satu anime musim panas, kini di musim gugur ia kembali mengisi soundtrack anime. Kali ini adalah ending episode 12 Fate/Stay Night : Unlimited Blade Works dengan judul lagunya “The Illusion“.

9. Nisekoi: False Love S2

Setelah selalu mengisi soundtrack anime yang bergenre action, kali ini di musim semi 2015 LiSA mengisi soundtrack untuk anime Nisekoi. Sebuah seri film yang sama sekali tidak ada unsur action dan ini merupakan pertama kalinya bagi LiSA. Melibatkan LiSA sebagai opening untuk anime ini, ternyata tidak membuat anime ini meraih rating cukup tinggi seperti anime yang soundtrack-nya dinyanyikan oleh LiSA. Anime yang openingnya berjudul “Rally Go Round” ini tidak berhasil meraih skor lebih dari 7,5 di beberapa situs pemberi rating anime.

10. Qualidea Code

Setelah setahun tidak mengisi soundtrack anime bergenre action, LiSA di tahun 2016 pada musim panas kembali hadir untuk anime yang menampilkan aksi, yakni anime Qualidea Code. Di anime ini, opening 1 dan opening 2 diborong oleh LiSA masing-masing dengan judul “Brave Freak Out” dan “AxxxiS“.

11. Sword Art Online: Skala Ordinal

Setelah beberapa kali hanya mengisi soundtrack serial anime, akhirnya Februari 2017, untuk pertama kalinya LiSA mengisi soundtrack Anime Movie. Movie ini ternyata merupakan bagian dari Sword Art Online, sebuah anime yang telah menjadi langganan LiSA membawakan lagunya untuk dijadikan soundtrack. Di movie yang menceritakan empat tahun setelah insiden Sword Art Online yang terkenal ini, LiSA kebagian untuk mengisi soundtrack pada bagian ending dengan judul lagunya “Catch The Moment“.

12. My Hero Academia 2

Di anime Musim Panas 2017 yang bercerita tentang Quirk atau kekuatan super ini, LiSA ditunjuk untuk mengisi soundtrack Ending kedua. Lagu berjudul “Datte Atashi no Hero” yang merupakan single kedua belasnya menjadi pilihannya. Lagu ini pun berhasil meraih posisi 7 di chart oricon setelah dua minggu perilisannya.

13. Fate/Apocripha

Setelah dipercaya mengisi Ending Theme Fate/Stay Night : Unlimited Blade Works, kini anime Fate/Apocripha yang tayang pada Musim Gugur 2017 menggunakan jasa LiSA untuk kembali mengisi Opening Theme-nya. Single ke-13 berjudul “Ash” dipilih untuk Opening Thame tersebut.

14. Sword Art Online: Alicization

Sepertinya LiSA memang sangat dipercaya oleh pihak dari anime ini, karena Lagi-lagi Sword Art Online menggunakan jasa LiSA untuk mengisi soundtracknya. Lagu “Adamas” dipilih untuk mengisi Opening theme anime tentang game online yang tayang pada Musim Gugur 2018.

15. Mobile Suit Gundam Narrative

Ini merupakan movie kedua LiSA sebagai pengisi soundtrack. Movie yang tayang pada November 2018 ini menggunaan lagu “Narrative” cipataan Hiroyuki Sawano dengan LiSA sebagai penyanyinya. Lagu ini pun digunakan sebagai Ending Opening.

16. Kimetsu no Yaiba

Musim Semi 2019 LiSA kembali mengisi soundtrack anime. tak tanggung-tangung, Opening Theme dan Ending Theme anime yang bercerita tentang pembasmi iblis ini diisi dengan lagu milik LiSA. Tak hanya animenya yang meraih rating tinggi, Opening yang berjudul “Gurenge” single ke-15 milik LiSA ini berhasil menduduki posisi 3 di chart Oricon hanya dalam seminggu setelah perilisannya, selain itu lagu ini juga berhasil bertahan selama 61 minggu di Oricon. Sementara untuk Ending theme digunakan lagu berjudul “From the Edge“.

17. Sword Art Online: Alicization-War of Underworld

Sepertinya tanpa kehadiran LiSA, anime Sword Art Online akan terasa kurang lengkap dan berbeda. Karena lagi-lagi anime ini di setiap serial maupun movienya selalu ada LiSA mengisi soundtracknya. Dan kali ini Sword Art Online: Alicization-War of Underworld menggunakan lagu milik LiSA lagi untuk mengisi Ending theme. Lagu itu berjudul “Unlasting“. Lagu ini pun berhasil meraih peringkat 4 di chart Oricon hanya kurang dari 2 minggu sejak perilisannya.

You may also like

2 comments

Satou September 13, 2020 - 07:16

Yang ash itu kayaknya opening min bkan ending

Reply
U27 September 13, 2020 - 09:36

Oke, makasih ya koreksinya.
udah dibenerin artikelnya

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!