Home Basa-basi Cara Memulai Gaya Hidup Minimalis bagi Pemula

Cara Memulai Gaya Hidup Minimalis bagi Pemula

by Gita Ramadhani
Cara memulai gaya hidup minimalis

Secara singkat gaya hidup minimalis merupakan gaya hidup yang membatasi diri akan ketergantungan dengan barang. Gaya hidup minimalis lebih fokus pada jumlah barang yang sedikit namun memiliki kegunaan bagi kehidupan sehari-hari. Hidup minimalis juga bisa dikatakan hidup berkecukupan dengan sesuatu yang kita miliki tanpa harus berlebih-lebihan.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan saat menerapkan gaya hidup minimalis, salah satunya adalah membuat seseorang tidak menjadi konsumtif. Gaya hidup minimalis ini juga memiliki perbandingan terbalik dengan gaya hidup materialistis. Namun bagi beberapa orang masih merasa bingung bagaimana cara untuk menerapkan gaya hidup minimalis. Berikut ini 5 tips untuk memulai gaya hidup minimalis bagi pemula

Memilih barang yang masih digunakan dan tidak digunakan

Langkah pertama untuk kamu memulai hidup minimalis adalah memilih barang yang perlu disimpan dan menyingkirkan barang yang sudah tidak digunakan. Marilah memulai dengan menyortir barang-barang yang sudah kamu miliki sekarang. Kelompokan barang tersebut menjadi 3 kategori yaitu barang yang akan dibuang, disimpan atau diberikan. Bagi kamu yang baru memulai untuk menerapkan gaya hidup minimalis biasanya masih sulit untuk mengambil keputusan saat menyortir barang-barang yang kamu miliki. Apakah barang tersebut harus disimpan atau segera disingkirkan.

Jika kamu masih merasa bingung, maka ada baiknya kamu memasukkan barang tersebut ke dalam kantong besar atau kardus dengan kategori “diputuskan nanti”. Kemudian biarkan barang tersebut disimpan selama 3 – 6 bulan atau satu tahun. Jika barang tersebut tidak kamu gunakan sama sekali, maka lebih baik menyumbangkannya.

Berikan tempat untuk setiap barang

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk memulai hidup minimalis adalah memberikan tempat untuk setiap barang yang kamu miliki. Hal ini juga akan membuat rumah kamu tidak mudah berantakan oleh sejumlah barang yang kamu punya. Dengan membiasakan memberikan tempat untuk barang dan meletakkan barang tersebut pada tempatnya setelah digunakan, tentunya akan membuat rumah kamu menjadi bersih dan rapi.

Jika ada barang baru yang masuk, maka barang lama yang serupa harus dikeluarkan

Perhatikan keluar masuk barang yang kamu miliki. Jika kamu ingin memasukkan barang yang serupa ke dalam rumah, maka barang lama yang serupa harus dikeluarkan. Misalnya kamu ingin mengganti tv (televisi) dengan kualitas terbaru, maka tv yang lama bisa anda jual terlebih dahulu atau mungkin diberikan pada kerabat yang lebih membutuhkan. Hal ini dilakukan agar terhindar dari menumpuknya barang di rumah yang serupa dan memiliki fungsi yang sama.

Lakukan perawatan pada barang-barang yang kamu miliki

Dengan melakukan perawatan pada barang-barang yang kamu miliki maka akan membuat barang tersebut lebih tahan lama untuk digunakan. Kamu juga tidak akan sering untuk membeli barang pengganti. Kebiasaan merawat barang yang kita punya harus rutin dilakukan, agar barang tersebut dapat dipakai dalam jangka waktu yang panjang.

Bijak membeli sesuatu

Jika kamu ingin membeli sesuatu maka awali dengan kata “kenapa”. Kenapa saya harus membeli barang tersebut? Jika kamu menemukan alasan yang tepat, maka barang tersebut memang layak untuk dibeli. Dalam membeli barang, kamu juga perlu memperhatikan kualitas dibanding kuantitas. Lebih baik kamu membeli barang dengan jumlah yang sedikit namun berkualitas dibanding sebaliknya. Meskipun terkadang barang yang berkualitas tinggi harganya lebih mahal, namun barang tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

error: Content is protected !!