Home Basa-basi Mau sukses presentasi? Gunakan sebaik-baiknya 20 detik pertama

Mau sukses presentasi? Gunakan sebaik-baiknya 20 detik pertama

by Rezza Anugerah
sukses presentasi

Apakah kamu tahu bahwa 20 detik pertama adalah cara yang paling ampuh agar sukses presentasi, dan 20 detik pertama merupakan waktu yang menentukan sukses atau tidaknya bagi seseorang untuk mendapatkan perhatian audiens dalam rapat atau presentasi?

Perhatian dari audiens sangatlah penting dalam mempengaruhi jalannya sisa rapat atau presentasi tersebut. Mereka akan menunjukkan ketertarikan atas apa yang anda sampaikan, ataukah hanya duduk termanggu sambil melihat jam seakan mengisyaratkan agar waktu segera berlalu karena apa yang anda sampaikan tidak menarik bagi mereka.

Maka 20 detik pertama anda menjadi sangat krusial. Apa saja yang kamu butuhkan dalam 20 detik tersebut agar sukses presentasi atau rapat? 

  • Buat wajah yang serius, pandangilah sekeliling anda dan berikan senyuman yang lebar dan setelah itu beri salam. Beberapa detik kesunyian dan tatapan anda tadi membuat audiens penasaran, dan dari rasa penasaran itulah perhatian audiens anda dapatkan.
  • Buat pembukaan dengan rasa percaya diri yang tinggi. Komunikasi dengan mereka bahwa anda senang dapat hadir dan membantu mereka hari ini, sampaikan seperti anda menguasai audiens dengan rasa percaya diri dan pastikan bahwa kamu sampaikan dengan santai dan bukan dengan kesombongan.
  • Perhatikan sekeliling kamu, cari informasi mengenai audiens yang sedang kamu hadapi. Bisa dari pakaian yang sedang dikenakan, ruangan yang sedang dipakai, atau apa saja yang bisa berhubungan dengan audiens.
  • Jika kamu sudah paham seperti apa audiens kamu, maka bisa kamu gunakan untuk membuka rapat atau presentasi dan terus hubungkan dalam pembicaraan kamu nantinya.
  • Gunakan cerita pendek atau kisah menarik lainnya yang kan menarik perhatian audiens dan akan membuat kamu terlihat sangat penting.

Last but not least, kutipan dari film “We Bought A Zoo” bisa juga menjadi inspirasi kamu kedepannya.

“You know, sometimes all you need is twenty seconds of insane courage. Just literally twenty seconds of just embarrassing bravery. And I promise you, something great will come of it.”  

We bought a zoo

“Kamu tahu, terkadang semua yang kamu butuhkan adalah 20 detik keberanian yang luar biasa. Hanya benar-benar 20 detik dari keberanian yang memalukan. Dan saya berjanji kepadamu, sesuatu yang luar biasa akan datang dari itu”

We bought a zoo

You may also like

Leave a Comment