Home Tutorial Cara Mengecek Kerusakan Harddisk Tanpa Software Tambahan Di Windows

Cara Mengecek Kerusakan Harddisk Tanpa Software Tambahan Di Windows

by tembakol
cara mengecek kerusakan harddisk

Dengan menggunakan software bawaan windows kita dapat mengecek kerusakan harddisk tanpa tambahan sotfware tambahan. Harddisk adalah tempat penyimpanan data yang cukup penting dalam setiap komputer. Harddisk memiliki fungsi untuk menyimpan data sekunder dari pengguna misalnya dokumen, musik, video, gambar dan file lainnya. Akan tetapi harddisk yang dipakai tidak selamanya baik dan jika terlalu sering dipakai tentu akan ada dampaknya, misalnya akses ke file yang semakin lama, error pada harddisk, dan komputer yang semakin lambat/lemot dalam mengakses program. Berkaca dari hal tersebut, perlu adanya perawatan dan pengecekan bekala dari sebuah harddisk oleh anda selaku pengguna, ibarat mobil yang telah dipakai berkali – kali harus ada servis rutin yand dilakukan, begitu pula dengan harddisk komputer anda.

Melakukan perawatan harddisk tidak perlu membongkarnya, melalui pengecekan harddisk di Windows sudah dapat diketahui apa saja kerusakan yang terjadi pada harddisk yang anda miliki di komputer. Mengecek kerusakan harddisk pada komputer tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, Windows sendiri sudah menyediakan aplikasi untuk melakukan check harddisk pada sistem operasinya. Untuk melakukan pengecekan kerusakan harddisk dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut:

Mengecek Kerusakan Harddisk dengan Windows Error Checking

Sesuai namanya, Windows error checking berfungsi untuk mengecek apakah terdapat error pada harddisk anda dengan cepat, langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

Buka Windows Explorer pada Windows anda, buka Computer/This PC, disitu akan muncul daftar harddisk yang ada di sistem.

Pilih Harddisk

Pilih salah satu harddisk yang akan dicek kerusakannya, kemudian klik properties.
Pada jendela properties, klik menu tools pilih error checking (klick check)

Pilih Tools

Setelah muncul jendela error checking, maka Windows otomatis akan memberitahu apakah harddisk masih dalam kondisi layak atau tidak, jika masih layak kita tak perlu melakukan checking. Namun apabila tetap ingin melakukan check klik scan drive pada pilihan utama.

Setelah klik scan, Windows akan melakukan pengecekan untuk kemudian diketahui hasilnya seperti gambar di bawah ini.

jika seandainya perlu perbaikan harddisk, maka komputer akan memberitahukan perbaikan akan dilakukan saat restart komputer selanjutnya. Jika harddisk normal, maka akan muncul pemberitahuan sejenis.

Mengecek kerusakan harddisk dengan CMD (Command Prompt)

Selain melalui Windows error check, pengguna dapat melakukan pengecekan kerusakan harddisk melalui command prompt Windows. Caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut:

Buka command prompt dengan klik start > pilih command prompt. Pastikan anda buka command prompt dengan kondisi run as administrator dengan klik kanan program, pilih run as administrator.

Jika sudah terbuka, maka cukup ketikkan perintah “chkdsk” command prompt anda, seperti berikut, kemudian klik enter.

Setelah itu tunggu proses pengecekan harddisk dilakukan, tunggu sampai selesai dan nanti akan muncul pemberitahuan mengenai kondisi harddisk anda.

Jika ingin mengecek drive lainnya (harddisk default yang tampil di command prompt adalah drive C), cukup ketikkan letter drive disertai tanda ‘:’ seperti berikut

Baik dengan cara error check maupun command prompt memiliki tujuan yang sama untuk mengecek harddisk apakah dalam kondisi baik atau tidak. Jika sekiranya harddisk dalam kondisi tidak normal maka akan dilakukan perbaikan.

You may also like

Leave a Comment