Home TutorialWindows Tutorial Mematikan Komputer Dengan Command Prompt Windows

Tutorial Mematikan Komputer Dengan Command Prompt Windows

by Ikhsan Maulana

Mematikan komputer adalah salah satu hal dasar yang harus diketahui oleh pengguna komputer, karena mematikan komputer bermanfaat untuk menghemat energi dan performa komputer. Jika anda pengguna sistem operasi Windows ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mematikan komputer, caranya pun cukup bisa dibilang mudah dan aman, bisa melalui cara konvensional (start -> shutdown) atau melalui command prompt.

Dengan menggunakan command prompt mematikan komputer akan memiliki sense sendiri, command prompt adalah sebuah aplikasi console yang berfungsi untuk memasukkan perintah – perintah untuk komputer. Berikut ini kami paparkan cara mematikan komputer dengan cmd (command prompt) Windows.

Membuka Aplikasi Command Prompt

Untuk mematikan komputer melalui command prompt, perlu dibuka terlebih dahulu command prompt tersebut. Caranya cukup mudah cukup klik start kemudian cari command prompt kemudian buka aplikasi tersebut.

Cara mematikan komputer dengan command prompt

Untuk mematikan komputer menggunakan command prompt secara langsung tanpa delay atau pemberitahuan, langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pada Windows, buka start menu kemudian cari program / pilih program command prompt (Jika tidak bisa mencari klik start -> all programs -> accessories -> command prompt).
  • Pada tampilan command prompt ketikkan perintah sebagai beriku “shutdown –s” (tanpa petik). Perintah di atas adalah perintah untuk mematikan komputer secara langsung.
  • Tunggu beberapa saat maka komputer akan mati/shutting down seperti biasa.

Mematikan Komputer dengan command Prompt dan tambahan timer

Mematikan komputer dengan timer dapat melalui perangkat lunak / program yang dapat sejenis timer yang bisa didownload sendiri, namun dalam command prompt, pengguna dapat mematikan komputer dengan tambahan timer dengan cara berikut ini :

  • Pada command prompt buka seperti pada langkah sebelumnya
  • Masukkan kode pada command prompt namun dengan tambahan sebagai berikut “shutdown –t –s 600”, angka 600 menunjukkan berapa lama waktu komputer akan mati (dalam hitungan detik).
  • Ketik enter. Komputer nantinya akan mati sesuai dengan waktu yang akan dimasukkan dengan sendirinya.

Cara Restart Komputer Dengan Command Prompt

Jika anda ingin melakukan reboot atau restart pada komputer, hal ini dapat dilakukan pula di command prompt. Tatacaranya adalah sebagai berikut :

  • Buka command prompt seperti biasanya
  • Masukkan kode pada command prompt untukmematikan, dengan diberi  tambahan sebagai berikut “shutdown –r”, huruf r menunjukkan komputer akan melakukan reboot atau restart sehingga tidak benar – benar mati
  • Ketik enter. Komputer nantinya akan mati dan melakukan reboot sesuai yang diperintahkan

Sebenarnya ada beberapa cara lain yang dapat dilaukan anda untuk mematikan komputer menggunakan commmand prompt, namun cara yang digunakan adalah sama seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, yakni memasukkan perintah pada command prompt kemudian klik enter pada keyboard maka komputer tersebut akan mati sesuai perintah dari pengguna. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan segeralah mencoba cara ini.

You may also like

Leave a Comment