Home TutorialWindows Cara Mematikan Windows Update Di Windows 8 / 10

Cara Mematikan Windows Update Di Windows 8 / 10

by Ikhsan Maulana
cara mematikan windows update

Bagi  anda pengguna Windows tentu tidak asing dengan fitur yang satu ini di Windows, fitur yang memiliki dua sisi, manfaat dan juga efek bagi komputer anda. Dalam Windows terdapat fitur Windows update yang memungkinkan pengguna mendapat fitur terbaru dari Windows, di satu sisi memang sangat bermanfaat bagi pengguna karena Windows anda akan selalu baru dan mendapat support dari pihak pengembang.

Namun dibalik itu terdapat satu masalah pada Windows versi baru apabila Windows update berjalan, yakni koneksi internet yang menjadi pelan, terkadang update yang dipasang tidak sesuai, dan adanya kesalahan pada update sehingga kadang terjadi bug pada sistem operasi.

Hal seperti ini tentu merugikan pengguna, apalagi yang koneksi internetnya tidak stabil dan penggunaan bandwith kecil, maka perlu untuk mematikan fitur Windows update tersebut. Untuk mematikan fitur ini memang terdapat pilihannya, akan tetapi pada Windows setelah Windows 7, yakni mulai Windows 8 kebawah fitur untuk mematikan Windows update melalui control panel sudah dihilangkan sehingga fitur tetap berjalan normal, namun tak perlu khawatir, kami memiliki cara mematikan fitur ini meski tidak melalui cara yang biasanya, kami merangkum dalam tutorial di bawah ini.

Cara Mematikan Windows Update

Cara mematikan Windows update tanpa control panel adalah dengan mematikan services nya, langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

Membuka local services

Klik Start -> Kemudian pada search bar ketik ‘services’ maka akan muncul pilihan local services.

cara mematikan windows update

Membuka service bisa melalui control panel -> administrative tools, pilih services

cara mematikan windows update

cara mematikan windows update

Atau melalui Run Program -> ketik ‘services.msc’ pada address bar kemudian enter.

cara mematikan windows update

Jika dari salah satu cara tersebut berhasil, maka akan muncul jendela services seperti di bawah ini.

cara mematikan windows update

Mematikan Windows Update

Dalam Jendela services, terdapat daftar services, pilihlah Windows update (biasanya terletak di bawah dari daftar karena diurutkan sesuai abjad), kemudian buka dengan melakukan double click atau klik kanan -> properties.

cara mematikan windows update

Jika jendela sudah Windows update properties sudah terbuka, disitu terdapat nama services beserta keterangan dibawahnya, kemudian terdapat pilihan startup type dari services ini.

cara mematikan windows update

Ada beberapa pilihan startup type, diantarnya

Automatic, artinya services ini akan berjalan otomatis

Automatic (delayed start), services akan berjalan otomatis dengan jeda beberapa waktu

Manual, services dijalankan manual oleh pengguna dengan pilihan tombol start atau stop.

cara mematikan windows update

Disabled, services tidak dijalankan / ditiadakan dari sistem operasi.

Untuk mematikan Windows update, caranya adalah dengan memilih pilihan disabled pada properties untuk mematikan Windows update tersebut. Jika sudah selesai klik apply kemudian close jendela. Maka Windows update mati.

Bagaimana mengetahui Windows update telah mati?

Ada beberapa tanda jika Windows update telah mati, yaitu anda tidak bisa membuka dan memperbaharui Windows anda secara langsung, mengakses Windows store bawaan Windows, dan notifikasi update yang akan mati dengan sendirinya.

Perlu diingat cara ini bisa berhasil bisa tidak karena ada beberapa kasus yang mana Windows update tetap menyala meskipun telah dimatikan service nya, namun overall dengan cara ini Windows update bisa mati otomatis.

Cara ini tidak disarankan, mengingat bahwa dengan mengupdate windows berarti memperbarui sistem operasi dan melindungi dari kerusankan akibat kesalahan sistem. tetapi juga kadang kala perlu untuk melakukan hal tersebut dalam kondisi dan situasi tertentu yang mengharuskan untuk tidak mengaktifkan fitur windows update.

Sekian tutorial cara mematikan Windows update dari kami, semoga bermanfaat bagi anda yang tidak ingin melakukan update fitur pada Windows anda.

You may also like

Leave a Comment