Home Basa-basi Internet of Things (IoT) : Great Concept of The Internet and Device Combination to Connected World

Internet of Things (IoT) : Great Concept of The Internet and Device Combination to Connected World

by Wahyu Rudiyan Saputra

Internet of Things, eemmm…
Konsep ini begitu Booming saat ini karena kemampuannya yang luar biasa untuk menyatukan berbagai kombinasi End Device (perangkat akhir yang terhubung) kedalam satu jaringan yang luas seperti Internet (umumnya sih orang sering nyebutnya Cloud).

Apa bedanya kak antara Cloud sama Internet…???
Nahh kalo berdasarkan riset yang kita lakukan, ini adalah definisi umum keduanya:

Internet merupakan koneksi (sambungan) antar komputer yang saling terhubung satu sama lain secara luas.
Cloud merupakan metafora dari Internet, namun ada juga yang mendefinisikannya sebagai definisi abstrak dari infrastruktur jaringan yang besar dan begitu kompleks.

Oke balik lagi ke Internet of Things (IoT), peran serta konsep ini ke dunia teknologi membuat hubungan antara komputer dan teknologi sensor semakin harmonis…. yaelah kaya pasangan hidup aja haha… Memang seperti itu loh, karena untuk menerapkan konsep ini ke dunia nyata dibutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan dibidang Jaringan Komputer, Server Administrator, Embedded System, Programmer (Software dan Hardware), dan Web Developer. Terbukti dalam penerapannya, IoT dapat dijelaskan seperti pada gambar dibawah ini.

 Konsep IoT (sumber: National Instrument)

Penerapan IoT saat ini dijadikan sebagai sarana untuk mengumpulkan data yang biasanya masuk ke ranah BIG DATA namun belum kita bahas untuk saat ini. Rumah Pintar (Smart Home) merupakan salah satu penerapan IoT yang dapat kita lihat dan cukup mudah untuk dipahami…

Jadi dimana kak penerapan IoT kalo buat rumah pintar, kan di Indonesia belom banyak tuh rumah kaya gituan?
Emmmmh kalo gitu kita bayangkan kaya gini aja deh….

Kamu punya rumah yang penghuninya kadang sibuk banget dan Rumahmu punya koneksi Internet sendiri. Suatu hari ada kasus kalo kamu lupa tuh matiin Televisi pas kamu pergi nongkrong. Nah pasti kalo di kondisi kaya gini, kita males dong mau pulang, ya kan… hihi…
Karena kasus ini sering kamu lakukan, jadi kamu terfikir tuh buat nyari alat yang bisa dikendaliin dari jauh pake internet dan akhirnya kamu ketemu alat buat colokan listrik yang bisa dinyala/matiin pake HP kamu dari jauh via Internet. Inilah salah satu penerapan konsep IoT dalam rumah tangga.

Tidak hanya di rumah tangga aja, saat ini konsep IoT sudah diterapkan hampir ke seluruh ranah kehidupan dan usaha seperti Industri, Kesehatan, Pendidikan, dan tentu aja dunia IT.

 ESP8266EX, Chip yang dikembangkan untuk perangkat IoT

Buat yang mau belajar membuat perangkat IoT sendiri, tunggu aja ya postingan kita tentang “DIY Your Own Connectable Device to The Internet Based on Arduino, RPi, and ESP8266EX”…

You may also like

Leave a Comment