Home Do It Yourself Cara Membuat Volume Knob Sederhana Untuk PC Anda

Cara Membuat Volume Knob Sederhana Untuk PC Anda

by Ikhsan Maulana

Assalamualaikum..

Apakah kalian pengguna komputer dekstop? Apakah kalian punya speaker yang ajib di kompuer, tetapi jauh dari jangkauan kalian? sepertinya kita, saya dan teman-teman memiliki masalah yang sama. Setelah saya mencari-cari ternyata tidak terlalu sulit untuk membuat Volume Knob untuk mengontrol suara pada speaker komputer.

Pada tutorial kali ini saya akan berbagi bagaimana cara membuat Volume Knob untuk mengatur keras lembutnya suara pada dekstop.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

Casing (Multiplek 15 mm) Kabel Printer Knob Potensio 40 mm Potensio stereo 10k

Kabel extender audio jack 3.5

Alat-alat yang dibutuhkan:

  • Solder
  • Timah solder
  • Gunting atau pisau cutter
  • Isolasi kabel
  • Lem kayu
  • Gergaji (Opsional : untuk membuat casing dari kayu)
  • Bor mesin (Opsional : untuk membuat casing dari kayu)
  • Amplas (Opsional)

Casing

Pertama yang harus dilakukan adalah membuat casing terlebih dahulu. dalam pembuatan casing dapat menggunakan media lain seperti toples bekas atau berbagai media berbahan plastik lainnya, teman-teman bisa berkarya sesuai dengan keinginan masing-masing.  Dalam tutorial ini saya menggunakan multiplek 15 mm untuk pembuatan casingnya, jadi saya akan menerangkan bagaimana cara saya membuat casing tersebut.

Dalam pembuatan casing kayu seperti pada tutorial ini, alat dan bahan yang dibutuhkan adalah, gergaji kayu dan bormesin, serta multiplek 15 mm sebagai bahan untuk membuatnya yang dapat dilihat pada gambar diatas.

Potong kayu multiplek sesuai dengan besar knob potensio yang kita miliki, kemudian rapikan potongan tersebut menggunakan amplas. Pastikan besar casing dengan knob potensio telah sesuai, kemudian gunakan bor listrik untuk membuat tempat agar kita dapat meletakkan potesio.

Pengkabelan

Kabel Ke Potensio

Berikutnya yang harus dilakukan adalah membuat atau merangkai kabel. Mungkin dari teman-teman ada yang bertanya mengapa saya menggunakan kabel usb printer dalam pembuatan proyek ini?, karena kabel printer memiliki jumlah kabel yang sesuai dan sangat cocok untuk proyek kali ini dan untuk pengemasan akan tampak lebih rapi. Untuk langkah-langkahnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Langkah Pertama yang harus dilakukan adalah potong kabel usb pada pangkal usb2.0. kemudian buka lapisan luar kabel tersebut dan teman-teman dapat melihat 4 kabel kecil dan 1 kabel tunggal kuningan (nb: saya tidak menggunakan kabel serabut lapisan luar) yang terdapat di dalam kabel usb printer tersebut.

Kabel hitam dan merah kita gunakan sebagai kabel input. Kabel putih dan hijau akan digunakan untuk kabel output dan kabel tunggal kuningan nantinya akan digunakan untuk menghubungkan GND pada kabel extender audio. Konfigurasi kabel tersebut dapat dilihat pada gambar diatas.

Kemudian hubungkan kabel dengan kaki pada potensio menggunakan solder dan juga timah solder dengan konfigurasi potensio sebagai berikut, dua kaki bagian kanan (atas dan bawah) akan kita gunaka sebagai input, bagian tengah akan digunakan sebagai output, dan bagian kiri akan digunakan sebagai GND. konfigurasinya dapat kalian lihat pada gambar diatas.

Setelah selesai memasang kabel usb printer ke potensio, kemudian pasang pasangkan potensio tersebut dengan casing kayu yang telah dibuat . Gunakan lemkayu dan serbuk kayu untuk menutupi lubang-lubang yang terdapat pada casing kayu tersebut.

Kabel Ke Jack Audio

Setelah kita menghubungkan kabel usb printer ke potensio kemudian kita akan mengubungkan kabel usb printer ke kabel extender audio.

Potonglah kabel axtender audio menjadi dua bagian, akan menjadi kabel jack input dan kabel jack output. Kemudian potonglah kabel usb printer pada ujung yang lainnya. Kemudian hubungkan kabel dari jack input ke kabel usb printer sesuai dengan konfigurasi sebelumnya dan dapat dilihat pada gambar diatas. kabel merah pada kabel jack input dihubungkan ke kabel merah pada kabel usb dan kabel hijau dihubungkan pada kabel hitam.

Setelah itu hubungkan kabel merah pada kabel jack output ke kabel putih pada kabel usb printer dan kabel hijau dihubungkan ke kabel hijau. untuk lebih jelasnya dapat teman-teman lihat pada gambar diatas.

Kemudian hubungkan kedua kabel hitam pada kabel jack input dan output dengan kabel tunggal kuningan pada kabel usb printer

Tahap Akhir

Setelah semua telah dirakit tanpa kesalahan pasanglah knob potensio pada potensio yang telah kita pasangkan kedalam casing. sesuaikan arah putar potensio dan knob potensio anda. Kemudian pasang volume knob yang telah dibuat buat ke komputer desktop teman-teman dengan cara hubungkan speaker ke jack input volume knob, setelah itu pasang jack output volume knob ke komputer anda.

 

You may also like

0 comment

Rezza Anugerah August 25, 2016 - 11:56

Nice inpoh

Reply
Ikhsan Maulana February 23, 2017 - 07:02

Makasih

Reply
Antonov November 10, 2017 - 02:30

Terima kasih, informasi di artikel ini membantu sekali. pas butuh membuat volume untuk langsung disambungkan dengan speaker dari amplifier

Reply

Leave a Comment