Home Basa-basi Arduino Simulator – Mau ngoding tanpa harus punya board Arduino.

Arduino Simulator – Mau ngoding tanpa harus punya board Arduino.

by Ikhsan Maulana

Assalamualaikum..

Arduino merupakan sebuah platform pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Flatform ini telah banyak digunakan di seluruh dunia dan juga populer di indonesia. Bagi teman-teman yang ingin mengetahui lebih dalam tentang arduino dapat dilihat di postingan sebelumnya tentang apa itu arduino.

Bagi teman-teman yang sudah tau, sering, atau hobi mengutak-atik Arduino dan juga teman-teman yang baru belajar menggunakan arduino, pastinya kalian harus memiliki sebuah board Arduino itu sendiri, apakah itu Arduino Uno, Nano, Mega dan lain-lain. Tanpa itu teman-teman tidak akan bisa melampiaskan ide-ide cemerlang teman-teman saat ini.

Permasalahannya adalah, bagaimana dengan teman-teman yang ingin belajar memprogram arduino tetapi tidak memiliki arduino?, maka dari itu dalam postingan kali ini saya akan membagikan ke teman-teman beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk ngoding arduino tanpa harus punya board Arduino.

Autodesk Circuits

Autodesk Circuit adalah simulator elektronik yang lahir dari kemitraan antara Autodesk dan Circuits.io pada musim gugur 2013.  Aplikasi simulator ini berbasis web, jadi dapat langsung diakses dan digunakan. Sangat mudah digunakan bagi teman-teman pemula yang ingin cepat memprogram Arduino , dari browser kalian.

Fitur-fitur yang ditawarkan cukup lengkap, terdapat berbagai komponen yang bisa digunakan dalam pembuatan projeknya. berbagai vitur arduino juga tersedia, seperti serial monitor, debugger, library, dan Arduino IDE.

Aplikasi ini dapat teman-teman gunakann secara gratis. Untuk memulai menggunakannya hanya perlu membuat akun pada web Autodesk Circuit kemudian teman-teman bisa membuat projek yang teman-teman inginkan, baik itu projek menggunakan arduino ataupun hanya projek elektronika biasa. Kemudian projek yang dibuat dapat kita bagikan ke orang lain.

Virtual Breadboard

Virtual Breadboard mungkin adalah simulator Arduino yang paling canggih yang tersedia . Aplikasi tersebut diciptakan oleh James Caska kembali pada tahun 1999 dan saat ini telah berkembang menjadi sebuah software yang sangat matang dengan daftar fitur yang banyak. Tidak hanya mensimulasikan perangkat Arduino tetapi juga Netduino dan PIC mikrokontroler.

Aplikasi ini berbasis dekstop. untuk mendapatkan aplikasi ini sangat mudah, teman-teman cukup pergi ke website resminya Virtual Breadboard, kemudian mengunduh aplikasinya secara gratis . setelah itu install aplikasi tersebut di komputer masing-masing. Aplikasi ini cock dengan Fritzing dan J.A.R.V.I.S dan juga berfungsi sebagai emulator AVR yang powerfull.

 

Simulator For Arduino

Dibuat oleh perusahaan Australia Virtronics , Simulator For Arduino adalah software berbasis dekstop yang menjalankan sistem operasi Windows. Mendukung sebagian besar perangkat keras Arduino , seperti Uno , mega , Nano dan dan beberapa modul board lainnya . Muncul dengan berbagai fitur yang membantu dalam mendesain prototyping sketsa cepat dan debugging.

 

Sejumlah peripheral dapat disimulasikan seperti serial, Ethernet atau interface SPI , kontrol servo , kartu SD dan sebagainya Perangkat lunak ini dapat download gratis, dengan beberapa keterbatasan setelah masa percobaan 30 hari berakhir , atau kalian dapat membeli sebagai versi Pro dengan harga $17.99 AUD

You may also like

Leave a Comment