Home TutorialArduino Dasar Komunikasi Serial Pada Arduino

Dasar Komunikasi Serial Pada Arduino

by Ikhsan Maulana

Assalamualaikum..

Kemampuan untuk melakukan komunikasi data antar perangkat elektronik merupakan hal yang sangat penting yang harus dimikili oleh sebuah mikrokontroler, dan hal yang lebih penting juga kemampuan komunikasi tersebut tidak boleh sampai mengganggu fungsi dari mikrokontroler itu sendiri

Komunikasi serial adalah sebuah komunikasi yang terjadi dengan mengirimkan data per-bit secara berurutan dan bergantian. Komunikasi ini hanya membutuhkan satu jalur atau kabel yang sedikit dibandingkan dengan komunikasi paralele, dimana hanya satu bit data yang dikirimkan melalui seuntai jalur atau kabel pada waktu tertentu secara berurutan.

Manfaat paling dasar adanya komunikasi serial adalah memungkinkan terjadinya pertukaran informasi antara papan arduino dan komputer. Hal ini memungkin kan kita untuk dapat memantau status pengerjaan yang sedang kita lakukan langsung di komputer. Sebagai contoh, kita dapat melihat data dari sensor yang sedang kita uji tanpa harus menggunakan LCD display tetapi dapat langsung kita lihat hasil datanya menggunakan di komputer kita.

Dengan demikian fokus kita hanyalah pada sensor-sensor tersebut yang sedang kita uji, tanpa harus bersusah payah untuk merangkai LCD display dan memprogramnya untuk melihat data dari sensor yang sedang kita gunakan.

Komunikasi serial pada Arduino dapat dilakukan dua secara dua arah. Artinya baik komputer yang kita gunakan maupun papan Arduino yang sedang kita program dapat saling berkomunikasi dan saling mengirim maupun menerima informasi.

Berikut contoh yang memberikan gambaran mengenai komunikasi antara Arduino dan komputer. Pada pengujian ini tidak memerlukan komponen tambahan, tetapi yang dibutuhkan hanya sebuah Arduino dan kabel usb Arduino ke komputer.

void setup() {
  Serial.begin (9600);  //Menentukan kecepatan membaca serial
}
void loop() {
while (Serial.available() != 0) //memantau data pada port serial
{
char data = Serial.read(); //pembacaan data di serial
Serial.print(data); //menampilkan data dari serial
delay(20);
}
}

Setelah kita mengupload kode Arduino ke dalam Arduino kemudian untuk menguji serial-nya dapat kita lakukan dengan membuka Tools >> Serial Monitor pada IDE Arduino.

Kemudian kita dapat melihat tampilan Serial Monitor seperti gambar dibawah ini dan dapat berkomunikasi dengan arduino dengan menyamakan kecepatan pembacaan yang telah kita atur pada arduino tadi dengan kecepatan 9600.

Dapat dilihat pada kode arduino diatas berfungsi untuk membaca semua karakter yang dikirimkan ke port serial (oleh komputer). Untuk memulai komunikasi kita harus menetapkan kecepatan pembacaan data baik untuk keperluan pengiriman dan penerimaan. Terlihat pada bagian setup() terdapat fungsi Serial.begin() berfungsi untuk memulai serial dan argumen 9600 menentukan kecepatan data.

Terdapat beberapa fungsi pada serial arduino yaitu:

  • Serial.available() : Memantau ketersedian data yang berada di port serial
  • Serial.read() : Membaca data pada port serial
  • Serial.print () : Mengirim isi variabel data ke port serial dan implikasinya akan membuat isi data tersebut ditampilkan di penampil informasi port serial di komputer
  • Serial.println() : Untuk membuat baris baru
  • Serial.parseInt() : Baca data bilangan bulat
  • Serial.parseFloat() : Baca data bilangan pecahan
  • Serial.flush() : Membuang semua data tersisa di port serial

You may also like

Leave a Comment