Home Basa-basi Apa Itu Arduino?

Apa Itu Arduino?

by Ikhsan Maulana

Kali ini saya mau berbagi ilmu tentang salah satu flatform open source menggunakan pengendali mikro, pasti sudah tidak asing lagi di telinga teman-teman yang sering bergelut di dunia elektronika digital. Platfom ini sangat populer dan paling banyak di gunakan di seluruh dunia karena bersifat open source. yang akan kita bahas hari adalah apa itu Arduino.

Apa itu arduino?

Arduino adalah sebuah plaform open source pengendali mikro, terdiri atas dua buah element yang mudah digunakan yaitu hardware (Arduino Board) dan software (Arduino IDE). Arduino dirancang untuk mempermudah penggunaan elektronik dalam bidang elektronika digial di segala bidang. arduino di rancang khusus oleh Massimo Banzi dan David Cuartielles pada tahun 2005. Tujuan dari dibuatnya Arduino adalah untuk perangkat elektronika pengendali mikro yang mudah digunakan dan murah dari segi biaya, dan perangkat tersebut di tujuan untuk para siswa atau pelajar yang tidak memiliki latar belakang dalam bidang elektronik dan pemrograman.

Bagi teman yang ingin belajar lebih dalam tentang arduino bisa mendownload ebook arduino di blog ini di sini.

Baca juga Cara Membuat Led Berkedip Menggunakan Arduino Uno

Arduino memiliki tiga buah perangkat yang dikemas menjadi satu-kesatuan. Tiga buah perangkat tersebut adalah:

Arduino Board (kontroler)

Arduino board adalah sebuah kontroler arduino yang terdiri dari beberapa komponen elektronika yang di desain sedemikian rupa untuk mempermudah penggunaan pada board arduino. Terdapat berbagai jenis main board pada arduino yang ada di pasaran, dari mulai kontroler yang sederhana (kecil) hingga kontroler yang besar (mewah). Karena arduino ini bersifat opensource maka tersedia pula skema dasar rangkaian main board arduino yang dapat di modifikasi sendiri. dibawah ini adalah salah satu contoh main board arduino beserta konfigurasi dari pinnya;

 

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman yang digunakan arduino pada dasarnya adalah bahasa pemrograman C tetapi telah dimodifikasi oleh pihak arduino dengan menambahkan library, file header, dan mempersingkat syntak yang ada sehingga mempermudah para pengguna untuk menggunakannya. walaupun banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa digunakan seperti bahasa pascal, basic, cobol, dan lainnya, tetapi pihak arduino memilih bahasa C untuk bahasa pemrograman arduino. berikut alasannya:

  • Bahasa C adalah bahasa pemrograman yang powerfull dan fleksibel
  • Bahasa C adalah bahasa yang portable sehingga bisa dapat di jalankan diberbagai sistem operasi yang berbeda
  • Bahasa C merupakan bahasa yang bersifat modular, yaitu terdiri dari rutin-rutin tertentu yang dinamakan dengan fungsi (function) dan fungsi-fungsi tersebut dapat kita digunakan kembali untuk pembuatan program-program lainnya tanpa harus menulis ulang implementasinya.
  • Bahasa C merupakan bahasa tingkat menengah sehingga mudah untuk membuatkan interface yang diintegrasikan ke hardware.

 

Arduino IDE (Integrated Development Environment)

Arduino IDE (Integrated Development Environment) adalah sebuah software bawaan arduino yang berfungsi untuk memprogram perangkat keras arduino (main board arduino). software ini memungkinkan anda untuk membuat progran yang sesuai dengan keinginan anda dan kemudian memasukkan/menanamkan progran tersebut ke dalam perangkat keras arduino yang anda miliki tanpa menggunakan hardware eksternal, karena pada main board arduino telah dilengkapi dengan bootloader dan downloader yang telah terpasang pada main board arduino.

Dibuat degan sangat canggih dan ditulis dengan menggunakan java, arduino IDE ini terdiri dari:

  • Editor program, merupakan sebuah halaman untuk menulis progra yang kita inginkan
  • Compiler, merupakan sebuah modul yang berfungsi untuk mengubah kode program yang telah kita buat kemudian diterjemahkan ke bahasa mesin untuk dipahami oleh mikrokontroler
  • Uploader, merupakan sebuah modul yang memuat kode biner dari komputer kedalam memori pada arduino

You may also like

Leave a Comment